Coban Trisula, Air Terjun Tiga Tingkat Yang Unik Nan Menarik Di Malang

Air Terjun Coban Trisula ini biasanya populer di kalangan pendaki Gunung Semeru. Soalnya, air terjun di Malang ini merupakan salah satu tempat persinggahan pendaki sebelum melanjutkan perjalanan menuju Bromo, setelah mereka mendaki Gunung Semeru.

Coban Trisula merupakan air terjun yang berada di blok Kali Lajing, Seksi Konservasi Wilayah III. Atau secara tepat lokasinya berada di Desa Ngadas, Kecamatan Poncokusume Kabupaten Malang, Jawa Timur. Jadi kalian yang suka naik gunung, terutama Gunung Semeru, jangan lupa buat mampir ke salah satu air terjun keren di Malang ini ya.

Namanya memang unik, Coban Trisula yang terdengar seperti nama senjata yang dibawa oleh Zeus. Dinamakan Coban Trisula karena memang disini air terjun dan jatuh ke sungai sebanyak tiga tingkat. Pada akhirnya tiap tingkatannya pun punya nama sendiri-sendiri.

Yang pertama yaitu Coban Atas yang merupakan air terjun pertama dari curahan sungai/kali Lajing. Lalu dibawahnya dikenal dengan nama Coban Tengah yang airnya bersumber dari aliran air terjun pertama. Yang terakhir adalah Coban Bawah, merupakan air terjun ketiga, bersumber dari aliran Coban Tengah.

(Baca Juga : Hey! Jangan Bengong! 10 Air Terjun Paling Keren Di Indonesia Ini Bisa Menjadi Inspirasi Liburan Kalian Deh!)

Perlu perjuangan yang cukup lumayan untuk menuju ke air terjun ini via IG @ddianamalia
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Perlu perjuangan yang cukup lumayan untuk menuju ke air terjun ini via IG @ddianamalia

Untuk Coban Bawah memiliki ketinggian sekitar 11 m dan letaknya agak tersembunyi. Sedangkan Coban Tengah tidak setinggi Coban Bawah hanya 2,5 m. Selain itu dibawahnya terdapat tiga kolam penampungan air. Sementara itu Coban Atas merupakan air terjun utama dengan ketinggian sekitar 35 m. Untuk mencapainya kalian harus mendaki bukit bukit yang cukup terjal. Itu kalau kalian mau menjelajahinya.

Pintu masuk menuju salah satu air terjun keren di Malang via IG @smartrip.id
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Pintu masuk menuju salah satu air terjun keren di Malang via IG @smartrip.id

(Baca Juga : Wisata Air Terjun Coban Jahe Malang Untuk Yang Suka Bertualang)

Lokasi Air Terjun Coban Trisula ini lumayan jauh dari pusat kota. Kalian perlu menempuh jarak sekitar 35 km dari pusat Kota Malang yang akan memakan waktu perjalanan 1,5 jam untuk menuju ke air terjun ini. Selain dari kota Malang dapat juga diakses dari kota Pasuruan, Lumajang maupun Probolinggo.

Arah perjalanan menuju Coban Trisula adalah sama dengan menuju Coban Pelangi. Sesampainya di pintu masuk Coban Pelangi perjalanan masih diteruskan ke atas kira-kira sekitar 1,5 km lagi hingga tiba di pintu masuk Coban Trisula. Perlu diperhatikan, letak pintu masuk menuju ke Coban Trisula ini berada di sebelah kiri jalan apabila kalian dari berangkat dari kota Malang.

Yuk liburan ke Air Terjun Coban Trisula Malang! via IG @bendottetapsemangat
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Yuk liburan ke Air Terjun Coban Trisula Malang! via IG @bendottetapsemangat

(Baca Juga : Coban Parang Tejo, Air Terjun Tersembunyi Di Malang)

Selain dengan kendaraan pribadi, kalian bisa juga menggunakan kendaraan umum untuk menuju Coban Trisula, Malang. Bagi yang menggunakan kendaraan umum, dari kota Malang naik angkutan perkotaan jurusan Tumpang – Arjosari. Selanjutnya dari kecamatan Tumpang naik ojek karena memang tidak ada angkutan lain. Biaya ojek biasanya nggak lebih dari IDR 20.000.

Sesampainya di tempat parkiran mobil air terjun ini, perjalanan menuju dasar coban ini dilakukan dengan berjalan kaki sekitar 4 km. Selanjutnya ditambah lagi dengan track turun sekitar 1 km. Perlu diperhatikan, kondisi jalan menuju ke sana cukup licin dan medan yang cukup sulit. Sehingga sangat diperlukan ekstra kehati-hatian dalam berjalan, walaupun sudah dibangun tangga-tangga yang sudah disemen. Namun, usaha kalian akan terbayarkan begitu sampai di air terjun nanti.

Incoming search terms:

  • air terjun pitung tingkat malang
  • bekal yang dibawa saat ke coban trisula

Comments

comments

Leave a Reply

Pin It on Pinterest

%d bloggers like this: