Candi Prambanan, Candi Hindu Terbesar Di Yogyakarta

LiburMulu.com – Candi Prambanan adalah karya termegah dan sebuah mahakarya candi hindu yang dibuat di abad ke 10, bangunan tertinggi di kompleks candi prambanan adalah 47 meter. Dari sejarahnya, Candi Prambanan adalah bangunan dengan arsitektur luar biasa. Melihat desain arsitekturnya yang cantik cantik, membuat siapapun mungkin tidak percaya kalau bangunan ini dibangun pada abad ke-10. Candi Prambanan dibangun pada masa pemerintahan dua raja, yaitu Rakai Pikatan dan Rakai Balitung.

Bangunan utama di kompleks Candi Prambanan menjulang setinggi 47 meter bahkan 5 meter lebih tinggi dari Candi Borobudur. Sampai sekarang berdirinya candi ini sudah memenuhi keinginan si pembuatnya, yaitu menunjukkan pernah ada kejayaan Kebudayaan Hindu di tanah Jawa.

Candi utama di Candi Prambanan dan candi pendampingnya.
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Candi utama di Candi Prambanan dan candi pendampingnya.

Candi Prambanan yang terletak 17 kilometer dari pusat kota Yogyakarta berada di tengah area yang kini dibangun taman indah dan tertata apik. Dari keanggunan dan kecantikan arsitektur Candi Prambanan, sebenarnya ada sebuah mitos unik yang dipercaya berhubungan dengan proses pembangunan candi di jaman dahulu.

Disebutkan kalau Candi Prambanan dibuat karena sebuah legenda tentang Bandung Bondowoso. Cerita ini pun selalu diceritakan oleh sebagian masyarakat Jawa. Pada suatu ketika, ada seorang lelaki bernama Bandung Bondowoso yang mencintai seorang wanita bernama Roro Jonggrang.

Sayangnya, cinta si Bandung Bondowoso tadi bertepuk sebelah tangan, si Roro Jonggrang tidak mencintai dia. Karena tak mencintai Bandung Bondowoso, Roro Jonggrang meminta sebuah permintaan yang bagi sebagian besar orang jaman sekarang hampir mustahil. Roro Jongrang meminta Bondowoso membuat candi dengan 1000 arca, tapi harus selesai dalam semalam. Itulah syarat yang harus dipenuhi Bandung Bondowoso untuk menikahinya.

Roro Jongrang yakin kalau permintaan itu pasti gagal dipenuhi oleh Bandung Bondowoso. Namun kenyataannya dengan kesaktiannya, permintaan si Roro Jongrang ternyata hampir terpenuhi. Bandung bondowoso mendapat bantuan dari alam jin yang bisa bekerja hanya ketika hari gelap.

Akhirnya Roro Jonggrang pun meminta warga desa menumbuk padi dan membuat api besar agar terbentuk suasana seperti pagi hari. Semua itu ditujukan agar para jin tidak bisa melanjutkan pekerjaan membuat Candi Prambanan. Dan usaha si Roro Jongrang pun sukses, bala bantuan Bandung Bondowoso semua pergi ketika jumlah arca yang dibuat baru berjumlah 999 arca. Nah, sayangnya Bandung Bondowoso tahu kalau kegagalannya disebabkan oleh kecurangan Roro Jongrang. Karena itu dengan murka ia mengutuk Roro Jonggrang menjadi arca yang ke-1000.

Terlepas dari cerita mitos pembuatan Candi Prambanan, siapapun mengakui kalau candi ini adalah candi yang luar biasa. Bahkan setelah terkena efek gempa Yogyakarta tahun 2006. Setelah direnovasi kembali, Candi Prambanan tetap berdiri megah di tempatnya.

Candi Prambanan pernah rusak akibat gempa tahun 2006.
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Candi Prambanan pernah rusak akibat gempa tahun 2006.

Dari keberadaannya, Candi Prambanan memiliki 3 buah candi utama, yaitu Candi Wisnu, Brahma, dan Siwa. Ketiga candi ini berada di pelataran utama dan merupakan lambang Trimurti dalam kepercayaan Agama Hindu. Ketiga candi semuanya menghadap ke timur. Uniknya setiap candi utama sediri selalu memiliki satu candi pendamping.

Semua candi pendamping menghadap ke barat, yaitu Candi Nandini untuk Siwa, Candi Angsa untuk Brahma, dan Candi Garuda untuk Wisnu. Selain itu, masih terdapat 2 candi apit, 4 candi kelir, dan 4 candi sudut. Sementara, halaman kedua memiliki 224 candi meskipun tidak semuanya berada dalam kondisi utuh.

Siapapun yang berkunjung ke Candi Prambanan pasti bisa menjadi arkeolog dadakan dengan menikmati setiap ukiran relief yang ada di sisi setiap candi. Atau mengamati Candi Wisnu yang terletak di sebelah utara candi Siwa, di candi ini akan dijumpai satu ruangan yang berisi arca Wisnu. satu lagi di Candi Brahma yang terletak di sebelah selatan Candi Siwa, hanya akan ditemukan satu ruangan berisi arca Brahma.

Arca Durga ini mitosnya adalah si Roro Jonggrang yang dikutuk Bandung Bondowoso.
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Arca Durga ini mitosnya adalah si Roro Jonggrang yang dikutuk Bandung Bondowoso.

Sementara di candi utama yaitu candi Siwa yang terletak di tengah dan yang bangunannya paling tinggi, akan ditemui 4 buah ruangan. Satu ruangan utama berisi arca Siwa, sementara 3 ruangan yang lain masing-masing berisi arca Durga (istri Siwa), Agastya (guru Siwa), dan Ganesha (putra Siwa). Konon katanya Arca Durga itulah si Roro Jonggrang dalam mitos yang telah dikutuk menjadi arca oleh bandung bondowoso. Entah, percaya atau tidak, silahkan dibuktikan sendiri dengan mengunjungi Candi Prambanan. Candi Hindu terbesar di Yogyakarta ini.

Note : Yogyakarta adalah salah satu dari beberapa kota tujuan wisata terbaik di Indonesia. Mulai dari wisata sejarah, wisata belanja, hingga wisata alam ada di Yogyakarta. Menuju kota Yogyakarta bisa dicapai dengan kereta api dari berbagai kota besar di Jawa. Atau bisa juga dilakukan dengan penerbangan murah ke Yogyakarta baik dari luar negeri atau dalam negeri seperti Bandung, Jakarta dan Bali.

Comments

comments

Pin It on Pinterest

%d bloggers like this: