7 Destinasi Nostalgic, Historic, Dan Fotogenik Di Pulau Jawa!

LiburMulu.Com Ada banyak alasan untuk mengunjungi sebuah destinasi. Ada yang ingin mengunjungi sebuah destinasi karena ingin bernostalgia, ada yang mengunjunginya karena penasaran akan sejarah sebuah destinasi. Beberapa ada yang memutuskan mengunjungi suatu destinasi karena memang destinasi tersebut begitu fotogenik.

Atau, mungkin juga datang ke sebuah destinasi karena ketiga unsur yang disebutkan tadi? Yah, mungkin setiap orang akan punya pilihan masing masing. Namun, bagaimanapun juga liburmulu.com akan mencoba mereferensikan 7 destinasi di Pulau Jawa ini untuk teman – teman traveler sekalian. Ini dia 7 Destinasi Nostalgic, Historic, Dan Fotogenik Di Pulau Jawa yang bisa teman – teman datangi.

1. Yogyakarta Istimewa!

Yogyakarta Istimewa!
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Yogyakarta Istimewa!

Pulang ke kotamu
Ada setangkup haru dalam rindu
Masih seperti dulu
Tiap sudut menyapaku bersahabat, penuh selaksa makna
Terhanyut aku akan nostalgi
Saat kita sering luangkan waktu
Nikmati bersama
Suasana Jogja. -, Kla Project

Sepenggal lagu Kla Project yang berjudul Yogyakarta ini selalu mengingatkan pada siapapun kalau kota ini selalu ngangenin. Yogyakarta memang istimewa, dengan banyak destinasi alam dan budanyanya. Dengan segenap bangunan – bangunan jadul nan antik di sekeliling kota pasti akan membuat siapapun merasa kembali ke masa lalu.

Asiknya lagi, selain ada banyak pantai – pantai cantik di Yogyakarta, disini ada banyak destinasi wisata bersejarah yang berada berdekatan. Lihat saja dari titik nol kilometer Yogyakarta, ada Kantor Pos Besar, Bank Indonesia, Benteng Vredeburg, Candi Prambanan dan masih banyak destinasi elok di Yogyakarta yang lainnya. Traveler manapun pasti suka menghabiskan waktu di kota ini. Untuk mengenang masa lalu, atau untuk berburu foto yang menarik.

2. Susur Kota Solo Yang Penuh Sejarah

Menyusuri setiap sudut Kota Solo yang pernuh sejarah mungkin?
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Menyusuri setiap sudut Kota Solo yang pernuh sejarah mungkin?

Peradaban Jawa adalah salah satu peradaban yang cukup tua dan unik di Indonesia. Bahkan peradaban ini sebenarnya sudah berjalan sebelum ada Indonesia. Nah, untuk para traveler yang menyukai wisata budaya dan sejarah, Kota Solo adalah salah satu kota di jawa yang tepat untuk mendapatkan pengalaman menyenangkan berwisata budaya.

Hingga sekarang ini, kota solo menyimpan pesona unik sejarah yang tidak termakan waktu. Sampai sekarang ini Kota Solo masih memiliki banyak bangunan bersejarah disebagian besar kotanya. Bangunan – bangunan tua seperti Gedung Bank Indonesia, Benteng Vastenburg, Balaikota, Gereja Purbayan hingga Loji Gandrung yang bahkan masih digunakan saat ini.

Selalu ada banyak momen dan objek foto klasik di kota ini. Telusuri saja setiap sudutnya dengan teliti, siapkan kamera kalian dengan baik. Jangan dilewatkan juga megahnya keraton yang ada di Kota Solo. Keraton Kasunanan Surakarta dan Pura Mangkunegaran harus kalian masukkan kedalam itinerary menjelajah Kota Solo, kalau memang ingin menikmati kebudayaan Jawa.

3. Malang Kota Yang Asik Untuk Membuat Kenangan

Siapapun pasti bisa dibuat kangen oleh Kota Malang ini.
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Siapapun pasti bisa dibuat kangen oleh Kota Malang ini.

Sebelumnya mungkin akan lebih banyak mengenal Malang sebagai kotanya para mahasiswa dan mahasiswi, karena memang banyak orang yang berbondong – bondong ke kota ini untuk belajar. Memang ada banyak universitas ternama di Kota Malang yang menjadi tujuan utama untuk kuliah.

Selain itu, sebenarnya Malang juga merupakan kota yang punya banyak kenangan sejarah lho. Sebut saja Jalan Ijen di Kota Malang, di jalan ini ada banyak rumah dengan arsitektur khas kolonial. Serdari dulunya memang jalan ini adalah tempat tinggal para elit kolonial Belanda.

Menuju ke pusat kotanya ada sebuah gereja unik yaitu Gereja Kayutangan dengan arsitektur neo-gotik yang unik. Tidak jauh dari situ teman – teman traveler harus banget mencoba makan es krim legendaris Kota Malang di Toko Oen, sekaligus mengagumi bangunannya yang bernuansa jadul. Melipir ke pasar besar malang dilanjutkan ke Stasiun Kota Lama Malang untuk berburu foto akan lebih menyenangkan.

4. Surabaya Nggak Cuma Kota Pahlawan

Surabaya, pernah terpikir untuk berlibur di kota ini?
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Surabaya, pernah terpikir untuk berlibur di kota ini?

Tidak dipungkiri, Surabaya adalah salah satu kota penting di Indonesia sejak dahulu. Bahkan dari dulu hingga sekarang surabaya adalah kota pelabuhan yang diperhitungkan. Karena itu, sebagai kota perdagangan penting, sampai sekarang ini masih banyak berdiri bangunan bergaya kolonial. Dan sebagian besar bagunan itu tersebar di kawasan kota tua yang berada ditengah kota.

Cara paling gampang menikmati banyak bangunan bersejarah di Surabaya adalah dengan mengikuti Surabaya Heritage Track. Dengan tur yang diadakan secara gratis ole Museum House of Sampoerna ini teman – teman traveler bisa mengunjungi beberapa banguannan bersejarah. Beberapa diantaranya adalah Kantor Pos Besar Surabaya, Kantor PTPN, Bank Mandiri dan masih banyak lainnya.

5. Semarang Tak Pernah Terlupakan

Duduk santai di tugu muda, menikmati suasana Kota Semarang? Hemm...
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Duduk santai di tugu muda, menikmati suasana Kota Semarang? Hemm…

Ada yang bilang kalau Semarang adalah kota yang membosankan, kota yang cocoknya hanya untuk numpang lewat saja. Tapi hey! Coba teman – teman traveler mampir sejenak ke Kota Semarang, dan benar – benar menikmatinya untuk sejenak.

Datang ke kawasan Kota Lama Semarang yang berada di Kelurahan Bandarharjo, Kecamatan Semarang Utara. Ada banyak bangunan jadul dengan arsitektur apik masih berdiri tegak disini. Tembok – temboknya yang sedikit kusam dan termakan usia pun menambah daya tariknya. Apalagi ditambahi dengan sedikit street art disana dan sini. Sebuah tempat yang sempurna untuk berburu foto vintage dengan latar bangunan klasik.

Jangan lupakan juga menjajal Lumpia yang merupakan salah satu makanan khas Kota Semarang. Dilanjutkan bermalam minggu di area tugu muda, dan tur singkat di Lawang Sewu malam hari. Kembali ke Kota Lama Semarang, masih ada Gereja Blenduk yang usianya lebih dari dua setengah abad. Pabrik Rokok Praoe Lajar, Stasiun Tawang, Gedung Kantor Pos Pusat juga patut diperhitungkan untuk dikunjungi di Semarang.

6. Sisi Lain Ibukota Jakarta Di Kota Tua

Kota Tua Jakarta, cikal bakal dari hiruk pikuk metropolitan.
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Kota Tua Jakarta, cikal bakal dari hiruk pikuk metropolitan.

Di tengah kemacetan dan hiruk pikuknya, ibukota menyimpan sebuah destinasi wisata yang menarik untuk siapapun yang menyukai sejarah dan budaya. Bahkan, untuk traveler yang sekedar ingin refreshing dan melepas penat, destinasi yang satu ini juga banyak dicari karena memang lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat kota.

Adalah sebuah kota tua yang dulunya adalah pusat pemerintahan batavia. Di area seluas kira – kira 1,3 KM persegi ini berdiri banyak bangynan dengan arsitektur klasik Belanda. Siapapun tidak akan mengira, kalau Ibu Kota Jakarta bermula dari tempat ini. Iya, disinilah Batavia, cikal bakal sebuah kota metropolitan jakarta.

Sekarang ini, Kota Tua Jakarta adalah salah satu tempat rekreasi utama penduduk sekitar ibu kota. Para penggemar arsitektur klasik dan fotografer penyuka tema vintage pasti betah menelusuri Kota Tua. Datanglah ketempat ini pagi hari ketika cahaya mentari masih tipis, atau sore hari menjelang senja untuk mendapatkan suasana terbaiknya.

7. Menikmati Suasana Klasik Kota Bandung Di Braga

Braga, salah satu area perbelanjaan di Bandung yang terdapat arsitektur klasik.
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Braga, salah satu area perbelanjaan di Bandung yang terdapat arsitektur klasik.

Dengan walikotanya yang penuh kreatifitas, Bandung perlahan tapi pasti ingin berubah menjadi kota yang modern. Namun, ditengah geliatnya menuju modernitas, di beberapa sudut kota masih tetap dipertahankan nuansa klasik yang merupakan jati diri Kota Bandung jaman dahulu.

Berjalanlah dengan elegan menyusuri Jalan Asia – Afrika yang pernah menjadi saksi sejarah konferensi Asia Afrika. Disana ada gedung merdeka yang pernah menjadi tempat konferensi tingkat tinggi. Sekarang gedung tersebut menjadi tempat favorit para fotografer penggemar tema vintage. Berada di dekatnya, ada kawasan Braga yang merupakan kawasan niaga dengan banyak bangunan tua yang masih berada dalam kondisi aslinya. Tempat seperti ini tentu menjadi favorit para penyuka arsitektur klasik.

Note : Surabaya, Malang, Solo, Yogyakarta adalah kota – kota besar di Indonesia yang bisa dicapai dengan mudah dari Jakarta dengan penerbangan murah dan juga dengan kereta api.

Incoming search terms:

  • bangunan fotogenic di jogja

Comments

comments

Pin It on Pinterest

%d bloggers like this: